Berikut 9 Tahap Cara Membuat Saringan Air Dari Drum Bekas

Nigerians4change.comCara membuat saringan air dari drum bekas bisa anda lakukan dengan menggunakan bahan-bahan yang ada disekitar, seperti drum bekas dan pipa paralon. Saringan air memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari kita, salah satu fungsi utamanya adalah untuk menyediakan air yang aman dan bersih untuk konsumsi serta berbagai kebutuhan rumah tangga lainnya. Saringan air melindungi manusia dari penyakit yang disebabkan oleh air tercemar dengan menghilangkan kontaminan seperti bakteri, virus, senyawa kimia, dan logam berat dari air. Ini adalah langkah penting untuk memastikan bahwa air minum yang dikonsumsi memenuhi standar kesehatan dan keselamatan.

Saringan air tidak hanya menjaga kesehatan tetapi juga meningkatkan pengalaman penggunaan air sehari-hari. Dengan menghilangkan bau, rasa, dan partikel kasar dari air, saringan membuat air minum lebih enak dan air yang digunakan untuk memasak, mandi, dan mencuci lebih berkualitas. Fungsi ini meningkatkan kualitas hidup kita dan memberikan kenyamanan.

Cara membuat saringan air dari drum bekas
Cara membuat saringan air dari drum bekas

Terakhir, saringan air membantu melindungi lingkungan dan peralatan rumah tangga. Air bebas partikel padat seperti pasir dan lumpur melindungi peralatan seperti mesin cuci, pemanas air, dan keran. Saringan air juga memainkan peran penting dalam menjaga kualitas air, kesehatan manusia, dan keberlanjutan lingkungan karena mereka mencegah polusi lingkungan akibat pembuangan air tercemar dan membantu menjaga ekosistem air tetap sehat.

Cara membuat saringan air dari drum bekas

Dengan menggunakan langkah-langkah berikut, Anda dapat membuat saringan air sederhana dari drum bekas:

Bahan yang diperlukan

  1. Drum bekas
  2. Kain atau kawat jaring halus
  3. Gergaji besi atau alat pemotong lainnya
  4. Pasir kasar
  5. Kerikil atau batu kecil
  6. Pipa dan katup-katup
  7. Arang kayu aktif
  8. Pompa air
  9. Alat pemasangan (sekrup, baut, dan sebagainya)

Langkah cara membuat

  1. Persediaan Drum: Pastikan drum bekas bersih dan bebas dari bahan berbahaya yang dapat mencemari air Anda.
  2. Potong Drum: Potong drum di sekitar tengahnya untuk membuat dua wadah—wadah atas dan bawah. Bagian atas drum akan menampung air mentah, dan bagian bawah akan berfungsi sebagai penyaringan.
  3. Pasang Lapisan Pertama: Kerikil atau Batu Kecil: Untuk menghilangkan partikel kasar dari air, letakkan kerikil atau batu kecil di dasar drum.
  4. Pasang Lapisan Kedua: Pasir Kasar: Letakkan lapisan pasir kasar di atas lapisan kerikil. Pasir ini akan membantu membersihkan partikel yang lebih kecil dari air.
  5. Alternatif: Tambahkan Arang Aktif: Jika Anda memiliki arang kayu aktif, Anda dapat melapisinya di atas pasir. Arang kayu aktif dapat menghilangkan bau dan rasa yang tidak diinginkan dari air.
  6. Pasang Lapisan Terakhir: Kain atau Kawat Jaring: Potong kain atau kawat jaring halus menjadi ukuran yang sesuai dengan diameter bagian bawah drum, atau wadah penyaringan. Kemudian, letakkan kain atau kawat jaring di atas arang (jika digunakan) atau pasir. Ini akan menjadi penyaring terakhir yang digunakan untuk mengeluarkan partikel halus.
  7. Tuangkan air mentah ke dalam wadah saringan (bagian atas drum). Tempatkan wadah saringan drum di atas wadah penampungan air yang lebih besar atau di tempat yang sesuai. Air akan menghilangkan kotoran dan partikel yang tidak diinginkan saat melewati pasir, kerikil, arang (jika digunakan), dan kain atau kawat jaring.
  8. Pasang Pompa Air dan Pipa: Jika Anda ingin meningkatkan aliran air, Anda dapat memasang keduanya ke dalam sistem. Ini akan mempercepat aliran air ke wadah penyaringan.
  9. Pemeliharaan dan Pembersihan: Perlu diingat bahwa saringan ini akan mengering seiring berjalannya waktu. Anda harus membersihkannya secara berkala dengan menyiram air bersih melalui saringan atau mengganti lapisannya dengan pasir, arang, dan kain atau kawat jaring saat diperlukan.

Dengan menggunakan saringan air dari drum bekas ini, Anda dapat menghilangkan kotoran dan partikel kasar dari air. Namun, jangan lupa bahwa saringan ini mungkin tidak cukup efektif dalam memerangi kontaminan kimia atau mikroorganisme. Selain itu, pastikan air yang disaring cukup aman untuk dikonsumsi.

Biaya untuk membuat saringan air dari drum bekas

Biaya pembuatan saringan air dari drum dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, seperti ukuran drum, kualitas bahan yang digunakan, dan kompleksitas sistem yang diinginkan. Namun, secara keseluruhan, membuat saringan air dari drum dapat menjadi metode penyaringan air yang lebih murah daripada pilihan lain.

Berikut adalah beberapa pertimbangan biaya:

  1. Biaya Bahan: Biaya utama untuk membuat saringan air dari drum adalah biaya bahan. Biaya ini mencakup membeli drum bekas, pasir, kerikil, arang kayu aktif jika digunakan, kain atau kawat jaring, dan alat tambahan seperti pipa dan katup jika diperlukan. Harga bahan-bahan ini dapat berbeda-beda tergantung pada kualitasnya dan lokasi geografis Anda, tetapi biasanya bahan-bahan tersebut dapat ditemukan dengan harga terjangkau atau bahkan dengan menggunakan barang bekas yang tersedia.
  2. Biaya Instalasi dan Pemeliharaan: Jika Anda tidak melakukan instalasi sistem penyaringan air sendiri, Anda mungkin harus mengeluarkan biaya tambahan selain biaya bahan. Biaya instalasi dapat termasuk biaya untuk perlengkapan pemasangan, pipa, katup, alat pemotong (gergaji besi), dan pompa air (jika digunakan). Selain itu, Anda harus mempertimbangkan biaya pemeliharaan, seperti penggantian lapisan pasir, arang, atau kain secara berkala, dan biaya energi jika Anda
  3. Biaya Perawatan Rutin: Agar saringan air drum tetap berfungsi dengan baik, perlu dibersihkan dan diperiksa secara berkala dan mengganti media penyaring jika sudah jenuh. Biaya perawatan ini dapat bervariasi tergantung pada berapa kali Anda menerima perawatan dan apakah Anda dapat melakukannya sendiri atau memerlukan bantuan profesional.

Penting untuk diingat bahwa, dalam jangka panjang, membangun saringan air dari drum dapat menghemat uang, terutama jika alternatifnya adalah sistem penyaringan air atau air kemasan yang lebih mahal. Memiliki air bersih dan aman juga merupakan investasi dalam kesehatan dan kenyamanan keluarga Anda yang tidak dapat diukur dalam uang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top